Add Smilies

Saturday, February 1, 2014

5 Games Peniru Yang Lebih Terkenal Dari Game Aslinya

Belakangan ini App Store dan Google Play dipenuhi dengan banyak game yang meniru game lain. Katakanlah Temple Run yang telah ditiru oleh begitu banyak game lain. Itu memang sudah hal yang biasa, namun bagaimana jika game yang meniru ternyata lebih terkenal dari game aslinya?
Rasa penasaran saya membuat saya menyelidiki game dengan kasus seperti ini dan jadilah 5 game di bawah ini. Perlu diingat, saya tidak akan membandingkan kedua game secara gameplay dan sisi teknis lainnya. Saya lebih menitikberatkan sisi publikasinya, dimana game yang meniru malah lebih terkenal daripada game yang ditiru.

1. Angry Birds vs Crush The Castle

Angry Bird vs Crush The Castle | Screenshot
Gambar kiri: Angry Birds | Gambar kanan: Crush The Castle
Siapa yang tahu game Crush The Castle? Saya yakin dari pembaca GameSaku tidak banyak yang mengetahui game ini. Namun ketika saya berbalik menanyakan Angry Birds, hampir kebanyakan pasti tahu karena game ini salah satu game paling fenomenal untuk mobile game.
Nyatanya adalah Angry Birds mengambil konsep game Crush The Castle yang hadir terlebih dahulu pada tanggal 18 September 2009, sedangkan Angry Birds baru rilis 10 Desember 2009. Namun yang satu telah menjadi salah satu icon paling dikenal pada abad ini sedangkan yang satu lagi entah hilang kemana.
App Store Link: Angry Birds, Rp 9.500 | App Store Link: Crush The Castle, Rp 9.500
Google Play Link: Angry Birds, Free | Google Play Link: Crush The Castle, $0.99

2. Call of Snake vs Nimble Quest

Call of Snake vs Nimble Quest | Screenshot
Gambar kiri: Call of Snake | Gambar kanan: Nimble Quest
Siapapun yang pernah hidup di zaman kejayaan Nokia pasti mengetahui game Snake. Banyak developer game yang berlomba untuk menghidupkan kembali game ini dalam bentuk yang lebih modern salah satunya Call of Snake. Sayangnya Call of Snake mempunyai pendekatan IAP yang terlalu agresif dengan sistem waktu tunggu setelah gameovernya. Sehingga membuat game ini hampir-hampir tidak bisa dimainkan dan mudah dilupakan orang.
Nimblebit mengambil kesempatan ini dengan membuat game yang bisa dikatakan sama dengan Call of Snake, game ini berjudul Nimble Quest. Namun tentu saja dengan karakter yang berbeda, dan gameplay yang lebih atraktif. Sekarang Nimble Quest sudah mencapai top free di beberapa negara dan tentu saja lebih sukses dari Call of Snake.
App Store Link: Call of Snake, Rp 9.500 | App Store Link: Nimble Quest, Rp 9.500
Google Play Link: N/A | Google Play Link: Nimble Quest, Free

3. Asphalt 7 vs Need For Speed: Most Wanted

Asphalt vs NFS | Screenshot
Gambar kiri: Asphalt 7 | Gambar kanan: NFS Most Wanted
Ketika Asphalt 7 diperkenalkan, game ini cukup mendapat sorotan karena gameplaynya yang seru. Kita malah waktu itu sempat mengadakan main bareng game ini dengan para pembaca. Bisa dikatakan Asphalt 7 mengambil konsep dari Need For Speed original versi PC dimana banyak sekali kustomisasi dan tipe race yang bisa kamu jajal.
Namun ketika game Need For Speed aslinya hadir di iOS, kekecewaan muncul karena EA menghilangkan inti dari game NFS sebenarnya yaitu kustomisasi yang melimpah dan segala keseruan aksi jalanan. Asphalt 7 bisa dibilang lebih pantas menyandang nama Need For Speed dari pada Need For Speed (versi iOS) itu sendiri.
App Store Link: Asphalt 7, Rp 9.500 | App Store Link: Need For Speed, Rp 49.000
Google Play Link: Asphalt 7, $0.99 | Google Play Link: Need For Speed, $5.61

4. CoD: Black Ops Zombie vs Modern Combat 3

CoD vs Modern Combat | Screenshot
Gambar kiri: Call of Duty Black Ops Zombie | Gambar kanan: Modern Combat 3
Call of Duty pada versi PC terkenal dengan gameplay yang solid serta mode multiplayer yang menjadi game wajib bagi para gamer FPS. Sayangnya apa yang dibawa ke versi mobile oleh Activision malah berbalik 180 derajat. Call of Duty: Black Ops Zombie sama sekali berbeda dari apa yang diharapkan, game ini monoton dan grafis yang biasa saja.
Gameloft pada tahun yang sama merelease Modern Combat 3 (yang jelas sekali terinspirasi oleh Call of Duty) dengan gameplay yang lebih deep, cinematic cut scene yang keren, sistem misi yang beragam dan online multiplayer yang terbaik pada masanya. Siapapun tahu bahwa Modern Combat 3 dengan segala fiturnya adalah versi “CoD” yang lebih baik dari pada CoD: Black Ops Zombie.
App Store Link: CoD: Black Ops Zombie, $6.99|App Store Link: Modern Combat 3, Rp 69.000 

Google Play Link: CoD: Black Ops Zombie, $6.99 | Google Play Link: Modern Combat 3, $6.99

5. Super Crate Box vs Muffin Knight

Super Crate Box vs Muffin Knight | Screenshot
Gambar kiri: Super Crate Box | Gambar kanan: Muffin Knight
Super Crate Box adalah game buatan Developer Vlambeer, game ini pada awalnya direlease untuk PC. Angry Mobs (developer game lain) ingin membuat game iOS yang terinspirasi oleh Super Crate Box. Ini mereka lakukan karena mereka sangat suka sekali dengan Super Crate Box versi PC dan juga pernyataan dari pihak Vlambeer yang mengatakan tidak akan membuat porting game ini untuk versi iOS karena tidak ada kontrol yang cocok.
Akhirnya Angry Mobs menelurkan karya mereka yaitu Muffin Knight, sebuah game yang mengambil konsep Super Crate Box. Tapi setelah 4 bulan dari peluncuran Muffin Knight, Vlambeer malah mengeluarkan Super Crate Box versi iOS.
Tetapi dari pengamatan download ranking yang saya cek di App Annie, Muffin Knight berhasil mengalahkan game originalnya yaitu Super Crate Box dari segi download dan kepopuleran di App Store.
App Store Link: Super Crate Box, Rp 19.000 | App Store Link: Muffin Knight, Rp 9.500

Google Play Link: N/A | Google Play Link: Muffin Knight, $0.99

No comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Komentar