Add Smilies

Wednesday, June 18, 2014

Fakta Dibalik Hubungan Penggunaan Handphone dan Kanker

Beberapa tahun yang lalu, hubungan penggunaan handphone dan kanker kerap menjadi bahan pembicaraan banyak orang. DI satu sisi, hal ini menimbulkan ketakutan yang mendalam pada beberapa pengguna handphone. Walaupun, banyak orang yang sama sekali tidak menaruh peduli akan issu ini.
Kira-kira di tahun 1990, studi penelitian yang dilakukan oleh penelitia asal swedia pernah mengungkapkan bahwa menggunakan hanphone sebagai alat komunikasi memiliki bahaya dua kali lebih besar disbanding telepon biasa. Salah satu yang menarik perhatian adalah adanya hubungan penggunaan handphone dan kanker otak, melalui sinyal energy radiasai yang dimiliki oleh perangkat elektronik ini.
Gelombang Radio Yang Berbahaya Untuk Manusia
Menurut peneliti asal Swedia ini, gelombang radio yang terpancar dari penggunaan handphone memiliki efek yang buruk pada kesehatan jangka panjang. Gelombang ini tidak hanya terpancar di hanphone Anda, tetapi juga beberapa laat elektronik lain di rumah Anda. Namun, hanphone yang ebih sering dan lebih dekat dengan manusia memiliki tingkat bahawa lebih besar.
Tingkat Radiasi Hanphone Terbilang Rendah
Tidak beberapa lama setelah peneliti Swedia mengemukakan alasannya, kemudian muncul beberapa peneliti lain yang membantah hal tersebut. Menurut mereka radiasi yang terpancar dari handphone atau alat elektronik lainnya memiliki energi rendah atau non ionizing. Sampai saat ini belum ada kepastian yang jelas sejauh mana radiasi non ionizing bisa menyebabkan kanker.
Namun beberapa penlitian yang dilakukan di Denmark pada tahun 2006, dengan menggunakan 420000 relawan pengguna handphone menunjukan risiko yang sangat rendah untuk terkena kanker otak. Penelitian lain yang diterbitkan oleh jurnal Neurooncology juga mengatakan hal yang sama, dimana tidak perlu ada kekhawatiran atas hubungan penggunaan handphone dan kanker, terutama kanker otak.
Tetap Hati-Hati dan Bijak Dalam Menggunakan Handphone
Walau beberapa penlitian sedianya membantah hasil penelitian pertama, tetapi sampai saat ini para peneliti masih terus mengkaji hubungan penggunaan handphone dan kanker otak, bila digunakan jangka panjang. Jadi, ada baiknya kita selalu bijak menggunakan handphone dengan menghindari penggunaan handphone dalam jangka waktu lama secara langsung, menghindari penggunaan antenna handphone atau tidur bersama handphone.

No comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Komentar